Sunday, August 23, 2009

Ramadhan dan Stop Dreaming Start Action

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah akhirnya kita memasuki bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Semoga di bulan ini kita bisa berusaha kembali memperbaiki diri kita agar menjadi lebih baik dan kembali menuju fitrah dihari kemenangan nanti.

Semangat Ramadhan saat ini harus disyukuri dan dinikmati dengan segala kelebihannya. Banyak sekali perbedaan yang ada dibulan ini dengan bulan-bulan sebelumnya. Baik dari sisi religius maupun dari sisi kehidupan bermasyarakat disekitar kita. Yang tadinya orang banyak bergelut pada kegiatan bekerja dan mencari nafkah, tapi pada bulan Ramadhan ini mereka mengurangi kegiatan keduniaannya dan memperbanyak ibadah. Luar biasa. Walaupun pada bulan ini kita semua yang beragama Islam diwajibkan untuk berpuasa dari subuh hingga waktu magribh tapi itu tidak mengurangi semangat melainkan menjadikan hidup kita menjadi lebih semangat. Subhanallah.

Ya semangat Ramadhan inilah yang harusnya kita aplikasikan dalam kegiatan kita sehari-hari. Baik setelah bangun tidur untuk bersantap sahur, hingga malam ketika ingin beristirahat. Semangat ini ada untuk membangun mimpi menjadi kenyataan. Kalau bahasa kerennya Stop Dreaming Star Action. Ya, saat ini bulan yang penuh dengan pengharapan. Banyak orang yang berharap lebih dibulan ini. Itu tidak dilarang karena memang Allah Swt pada bulan ini membuka pintu-pintu ampunan dan memberikan rejekinya pada umat manusia yang banyak berusaha, memohon dan berdoa kepada Nya. Orang-orang yang memiliki mimpi yang besar lalu dia berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpinya itulah yang kemungkinan besar doanya akan dikabulkan Allah Swt. Karena tidak ada hasil tanpa usaha yang besar. Not only to dreams but don’t forget to get start action right now! Ya Stop Dreaming Start Action.

Semboyan ini saya ambil dari pak Joko Susilo yang melakukan sebuah kampanye besar untuk perubahan. Mungkin kampanye ini adalah satu perbuatan kecil. Tapi jangan lupa dari perbuatan kecil yang sederhana ini akan membuat perubahan yang besar. Dari semangatnya itulah pak Joko Susilo mengadakan sebuah sayembara didunia per intenet-an bagi orang-orang yang mau berusaha dan tidak hanya bermimpi. Dan sayembara ini dinamakan Stop Dreaming Start Action.

Saya mencoba mengambil semangat dari dua perhelatan yang sedang berlangsung pada bulan agustus ini. Pertama adalah semangat religius keagamaan dari bulan suci Ramadhan dan yang kedua dari semangat Stop Dreaming Start Action tersebut. Semangat untuk sukses dari sebuah mimpi kecil tapi juga diiringi dengan usaha yang maksimal dari seorang manusia tanpa mengurangi nilai-nilai kereligiusan agamanya. Luar biasa tekad untuk sukses seperti inilah yang saat ini dinantikan. Bukan hanya sukses dunia tetapi juga sukses diakhirat. Seperti selogan yang selalu di elu-elukan para pemuda dakwah kampus “Sukses dunia sukses akhirat, insya Allah!”. Benar-benar luar biasa. Andaikan pada bulan ini, ketika manusia di ajak untuk berbuat kebaikan dan mengurangi kegiatan yang tidak berguna mereka berusaha untuk kehidupan saat ini dan saat yang akan datang pastilah kehidupan akan terasa lebih berguna. Andaikan slogan Stop Dreaming Start Action kita pakai untuk membangun motivasi kita untuk menjadi lebih semangat, bisa dipastikan hari ini akan lebih baik dari hari kemarin. Tetap Semangat.