Monday, August 10, 2009

Sebutlah virus ini H1N1

Flu babi. Apa yang terlintas dipikiran kita? Flu berbahaya dan mematikan, babi kena flu, flu dari babi, flu dari babi nular ke manusia. Jadi agak aneh nih. Nah lo, yang sakit tuh babi atau manusia. Waduh dari tadi nyebut tuh binatang sering banget hehehe... Iya penyebutan nama flu babi (swine flu) bisa jadi banyak arti klo bahasa kerennya sekarang jadi multitafsir. Sebenernya apa sih swine flu ini? nih saya kutip sedikit dari wikipedia.

Flu babi (Inggris:Swine influenza) adalah kasus-kasus influensa yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Galur virus flu babi yang telah diisolasi sampai saat ini telah digolongkan sebagai Influenzavirus C atau subtipe genus Influenzavirus A.

Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia. Gejala virus termasuk demam, disorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, dan kehilangan kesadaran yang berakhir pada kematian Flu babi diketahui disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 H1N2, H3N1, H3N2, and H2N3.

Di Amerika Serikat, hanya subtipe H1N1 lazim ditemukan di populasi babi sebelum tahun 1998. Namun sejak akhir Agusuts 1998, subtipe H3N2 telah diisolasi juga dari babi.

Nah itu kira-kira penjelasan singkat dari swine flu. Haha masih disebut aja nih. Trus artikel di wiki itu ada sedikit bagian yang menarik.


Penamaan jenis penyakit ini dianggap salah oleh berbagai kalangan, karena telah membuat salah tafsir masyarakat - bahwa babi dapat menularkan penyakit ini kepada manusia. Untuk itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengganti nama penyakit ini dengan Influensa A (H1N1) mulai 30 April 2009 lalu.


Ya... Berarti sekarang kita jangan menyebutnya Swine Flu atau Flu Babi lagi, karena selain Babi itu haram didalam agama Islam penamaan yang salah itu bisa menyebabkan multitafsir bahkan kesalahan dalam penafsiran hehe... sebutlah dia Virus Influensa (flu) A H1N1.