Thursday, April 26, 2007

Blog Mengandung Trojan

Jakarta, Blog, seperti yang kita ketahui adalah media yang berisi konten-konten ekspresif. Namun menurut laporan terbaru dari ScanSafe, mayoritas blog kini memiliki konten yang bersifat mengganggu dan berpotensial tak diinginkan.

Laporan bulanan ScanSafe 'Global Threat Report' Maret 2007 menyatakan, sebanyak 80 persen blog mengandung konten mengganggu, mulai dari penggunaan bahasa khusus 'dewasa' hingga gambar porno.

ScanSafe kemudian menyarankan kalangan bisnis seharusnya lebih agresif mencegah pengguna dari mengakses materi seperti yang disebutkan. ScanSafe juga mendapati, dunia blog kadang menghibur, dan diwaktu lain, mengandung kata-kata yang buruk.

Selain itu, dikutip detikINET dari Ars Technica, Rabu (25/4/2007), sebanyak 6 persen blog juga dideteksi mengandung konten malware. "Blog menjadi kendaraan bagus bagi ekspresi diri dan pertukaran ide. Para pekerja mengunjungi blog semacam itu dan tanpa sadar telah mengekspos jaringan perusahaan menjadi jalan masuk virus dan bahkan beresiko kehilangan informasi penting," ujar Dan Nadir, wakil presiden Strategi Produk ScanSafe.

"Konten blog dan situs lain yang dikendalikan oleh pengguna, selalu mengalami perubahan tiap saat. Hasilnya, solusi keamanan situs yang bergantung pada penelusuran situs dan bukan pencegahan keamanan dengan memindai alamat situs tiap kali diminta, akan membuat pengguna mengakses malware dan konten tak diinginkan lain," tambahan Nadir.

Menurut ScanSafe, varian trojan yang paling sering disebar melalui blog adalah Trojan.Win32.Diamin.js, Trojan-Downloader.VBS.Small.ca, Trojan-Downloader.Win32.Delf.acc, Trojan-Dropper.Win32.Agent.bfd, dan Trojan.JS.Cardst,1,1.
[source:detikinet]