Wednesday, September 09, 2009

Gunanya Blog?

Malam (pagi) yang dingin berselancar di internet bosan dengan rutinitas buka email, buka FB, playing online games, dan kegiatan maya lainnya akhirnya kembali kepada kebiasaan yang lama, kebiasaan yang baik insya Allah. Apa itu? ya ini, disini ini, nge-BLOG bahasa gaul internetnya blogging. Yah lewat blog ini semua orang bisa menumpahkan segala isi hati dan isi kepalanya juga (berceceran mungkin klo sudah tergila-gila ngeblog). Daripada kita menumpahkan isi hati melalui status fs, fb atau twitter, ada yang bilang kalau di website social networking isi mengisi status seperti ingin diperhatikan friend kita saja. Tapi rasanya lebih puas dan ploong kalau kita sudah menumpahkan perasaan pada postingan blog. Bukan hanya ingin diperhatikan tetapi dengan tulisan yang panjang atau pendek walaupun terkadang tidak sesuai kaidah menulis yang benar(tak masalah juga) melakukan posting diblog bukan hanya sekedar ingin diperhatikan orang yang memberikan komentar status kita, tapi jauh dari itu menulis diblog bisa menjadi membuka isi hati orang yang terdalam (wuiiih...). Yah mungkin itu lah yang terjadi jika kita melihat blog pribadi seseorang. Pembaca blog bisa mengetahui sedikit banyak seperti apakah pemilik blog tersebut.
Seperti contoh blog saya ini, since 2005 tetap menjadi blog kesukaan saya walaupun dengan pasang surutnya semangat menulis. Berawal dari keinginan untuk berbagi segala informasi yang saya miliki atau saya dapatkan dengan para netter, Alhamdulilah sampai sekarang masih bisa dipertahankan walaupun memang bentuknya jadi kurang jelas karena isi postingan bermacam jenis. Tidak merasa luar biasa dengan website ini tapi ingin rasanya membuat suatu artikel atau tulisan ringan yang berguna buat siapa saja yang membaca. Saya tidak suka yang terlalu berat yang penting mudah dimengerti. Meskipun ini adalah blog pribadi tetapi kontennya ada yang berisi informasi seperti film, teknologi, Islam, dan informasi lain yang saya dapatkan lalu saya curahkan kembali dalam tulisan dengan bahasa saya (walau masih ada juga yang copy and paste).
Ingin rasanya ingin mengembangkan sebuah artikel, ringan tapi berbobot. Tapi mungkin melalui proses. Pendewasaan menulis saya rasa bisa berkembang dengan seringnya kita menulis diblog, tapi tak lupa kita harus sering mencari informasi. Ya informasi, karena sekarang kita ada didunia informasi yang mengalir cepat seperti air. Setiap orang butuh informasi, betul-betul seperti membutuhkan air. Karena itu carilah informasi sebanyak mungkin dari obrolan dikampus, membaca buku, koran bahkan terkadang dari selentingan gosip tetangga (jangan lupa cek ricek). Setelah informasi terkumpul, mari kita berbagi melalui blog. Ya kita sharing. Karena siapa tau para netter akan membutuhkan informasi yang kita tulis diblog kita kan!?
Tetap semangat menulis, be a good blogger =)